Keindahan Pulau Sempu dan Danau Segara Anak

CIMG0553
Keindahan danau Segara Anak di Pulau Sempu

Ini kedua kalinya saya ikut open trip Mlancong Indonesia, kebetulan ownernya adalah kawan kuliah saya di universitas Borobudur Jakarta. Karena titik kumpulnya di stasiun Malang maka banyak peserta yang berangkat masing-masing dari Jakarta. Saya berangkat bersama suami (Yunus), dan Eny (teman kuliah) serta suami (mas Uyo), kami  bertemu di stasiun Pasar Senen. Dengan kereta ekonomi Matarmaja, kami berangkat dari Jakarta dengan tujuan Malang  jam 14.30 pada tanggal 1 November 2013.

Pagi jam 06.30  setelah sarapan di penginapan kami bersiap melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu dan Segara Anak. Tempat wisata ini merupakan tujuan dari  rangkaian trip kami selama 4 hari di Malang. Kami semua berjumlah 16 peserta dan 1 orang guide yang merupakan owner dari EO Mlanconng Indonesia. Kami menggunakan 2 buah mobil untuk ketujuan wisata tersebut.

Pulau Sempu adalah sebuah Pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa dan secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pulau ini di tumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar dan merupakan cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini di akui sebagai cagar alam oleh pemerintah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
perahu nelayan bersandar di Pantai Sendang Biru

Dari Kota Malang ke Pantai Sendang Biru memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan jarak tempuh sekitar 65 Km. Kondisi jalan turun naik dan berkelok-kelok, di sepanjang perjalanan kita akan di suguhi pemandangan yang indah dan alami.

Sekitar jam 08.00 kami tiba di pantai Sendang Biru,  yang merupakan pelabuhan dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).  Pantai ini sendiri berada di Jl. Raya Sendang Biru, Pondok Dadap, Kabupaten Malang.  Akses menuju Pulau Sempu hanya dapat di lalui dari Pantai Sendang Biru.  Pantai Sendang Biru  dan Pulau Sempu di pisahkan oleh teluk Semut sepanjang kira-kira 350 meter.

Dari Pantai Sendang Biru kami menggunakan kapal nelayan untuk mencapai Pulau Sempu yang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit.

CIMG0632
Pulau Sempu

Untuk sampai ke Segara Anak  yang merupakan telaga di Pulau Sempu ini dilanjutkan dengan berjalan kaki yang kira-kira memerlukan waktu 2-3 jam. Pulau ini masih asli dan alami, sehingga kami menggunakan jasa guide lokal sebagai penunjuk jalan menuju Segara Anak.

1454587_649547098418643_474583328_n
foto bersama dan istirahat di pulau Sempu

Jalan yang kami lalui cukup menguras tenaga karena selain hutannya rimbum dengan pepohonan dan akar-akar pohon yang menjulur. Jalan setapak yang dilalui kadang berlumpur terlebih bila di musim hujan sungguh perlu tenaga extra, serta sesekali terdengar jeritan suara Kera Putih dan Lutung Jawa serta nyanyian burung liar yang merdu.

CIMG0546
goa batu karang Pulau Sempu

Untuk menghilangkan lelah kami beristirahat dan mencari spot untuk foto-foto dan setelah di rasa cukup kuat kami berjalan kembali. Mendekati tujuan kami mendengar deburan ombak dan kilauan air yang terkena sinar matahari, sungguh indah nian.  Kami kembali semangat melanjutkan perjalanan dan berharap segera tiba di Segara Anak.

Tiba di Segara Anak sekitar jam 10.30, kami segera bergegas bermain air, seperti bermain pasir putih, berenang dan snorkeling serta foto-foto.

CIMG0563
Bermain air di Danau Segara Anak

Pulau Sempu dengan Sagara Anakan ini menyembunyikan keindahan pantai dengan suasana yang masih menyatu dengan alam. Pasir putih yang lembut saat bersentuhan dengan kaki, jernihnya air dengan perpaduan warna biru dan hijau, membuat kita dimanjakan oleh kecantikan salah satu pantai yang ada di kota Malang ini.

Suasana yang tenang dan hembusan angin yang sejuk membuat kedamaian  serta menjernihkan pikiran dan tubuh yang penat dengan rutinitas sehari-hari.  Pulau ini seperti belum banyak terjamah tangan-tangan manusia karena letaknya yang bersembunyi dibalik sebuah kawasan cagar alam.

CIMG0618
Laut lepas Samudera Hindia

Danau atau Segara Anakan yang berada di  Pulau Sempu dan di kelilingi bukit-bukit karang yang menjulang tinggi ini terbentuk dari terjangan ombak dari arah selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Tebing inilah yang menjadikan Segara Anakan sebagai danau dengan pasirnya yang putih dan airnya yang tenang.

Air laut yang mengisi telaga masuk melalui lubang selalu menembus Segara Anakan. Percikan deburan ombak yang masuk melalui lubang memberikan pemandangan indah.

1391713_10152005822231310_1877461656_n
Tebing-tebing karang menggelilingi Segara Anak

Danau segara berbatasan dengan laut lepas yaitu Samudera Hindia, sehingga ombaknya cukup ganas dan kita harus berhati-hati bila berdiri diatas bukit karang.

Mengingat perjalanan yang harus di tempuh masih jauh dan perlu tenaga ekstra maka setelah puas bermain air dan menikmati keindahan Segara Anak ini. kami kembali ke Pantai Sendang Biru dan saya masih menggunakan baju basah karena tak membawa pakaian untuk ganti, hiks.

CIMG0642
kembali ke pantai Sendang Biru

Tiba di Sendang Biru kami segera mandi dan ganti pakaian serta makan siang di dalam kendaraan, karena kami harus mengejar destinasi selanjutnya .

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Pemandangan sekitar Pantai Sendang Biru

Rute ke Pantai Sendang Biru / Pulau Sempu  dari Malang :

Untuk menuju Pantai Sendang Biru di sarankan memakai kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena bila naik angkot akan ganti beberapa kali mobil, adapun rute ke Pantai Sendang Biru dari Malang yaitu:   Malang – Bululawang – Turen – Sumber Manjing wetan – Sumber agung – Sitiarjo – Tumpak Rempelas – Sendang biru.

Note :

Kami sangat prihatin atas kondisi Segara Anak ini, karena kurangnya kesadaran dari para wisatawan yang datang berkunjung maupun yang menginap serta mendirikan tenda.  Karena terdapat  banyak sampah  bekas bungkus makanan dan botol minuman serta bau tak sedap dari buang air kecil. Sejatinya kita harus menjaga keindahaan dan kelestarian alam ini, dengan merawat dan menjaga kebersihannya.

Terima kasih ya Allah, Engkau telah mengijinkan kami menikmati indanya ciptaan-MU. Semoga kami dapat berkunjung ke Malang, Jawa Timur kembali.

 

 

 

11 tanggapan untuk “Keindahan Pulau Sempu dan Danau Segara Anak

  1. widiiiiih…. aq sebagai model bloh kamu ni te dew…. iya deech …makasiiiiy… semoga sehat selalu biar bisa ngetrip lagi…. upppsss.varo ku sayang juga sudah bisa tuuuch diajak calan-calan cantik… sukses ya te dew

Tinggalkan Balasan