Di Gebraak, Senyum aja

Siapa yang belum tahu Soto Gebraak??

Mendengarnya mungkin orang bertanya-tanya apa itu soto Gebraak, yaitu soto ayam atau  daging berkuah bening yang di racik serta di jual oleh Cak Anton Kaswi  dan  ibu Kasiyem.  Soto ini selain nikmat dan punya cara ciri khas yang unik.

display soto gebrak

Display soto Gebraak

Nama soto Gebrak ini  didapat secara tidak sengaja, kala itu Cak Anton terlalu keras meletakan botol kecap asin yang seolah-olah di banting hingga menimbulkan suara Gebrak yang mengagetkan pembeli warung soto tersebut. Maka sejak itu warung soto ini mempunyai ciri khas yaitu membanting botol kecap serta menimbulkan “Gebraak’.  Bagi pelanggan yang baru pertama kali datang dan belum tahu keunikannya maka akan terkaget-kaget mendengar gebrakan suara.

Bila gebrakan tersebut memancing emosi pengunjung                                                “Senyum Boleh Marah Jangan”, itulah motto yang tertulis pada dinding di warung         Soto Gebraak.

logo soto gebrak

motto soto Gebraak

Untuk menghindari penyalahgunaan nama soto Gebrak, Cak Anton membuat hak Paten atas nama Soto Gebrak tersebut, sehingga orang lain / penjual soto lain tidak dapat mengunakan nama tersebut kecuali keluarga atau atas izin Cak Anton.

soto gebrak komplit

Cak Anton sudah berjualan soto sejak tahun 1973, awalnya Cak Anton berjualan   soto memakai gerobak dan tenda (warung kaki lima) di sekitar jalan Setia Budi  Jakarta Selatan.  Seiring berjalannya waktu dan mulai di kenal banyak orang, kini Soto Gebrak menempati gerai di dekat SMA 3 Setia Budi dan  warung soto Gebraak  ini  ada beberapa cabang yaitu di lapangan Ros Tebet, Pondok Kelapa Jakarta Timur, Margonda Raya Depok, Bumi Serpong Damai (BSD).

Salah satu warung soto Gebrak  tersebut berada di daerah Pondok Kelapa, warung ini di kelola mba Reny dan suaminya (putri ke 2 Cak Anton).  Awalnya mba Reny dan suami  (Furqon Arifudin) membuka warung soto di daerah jalan Alternatif Cibubur (dekat kota Wisata) dan sekarang warung tersebut pindah ke jalan Pondok Kelapa Jakarta Timur .

reny soto gebrakmba Reny puteri ke 2 Cak Anton (sebelah kiri jilbab hitam)

 

Rahasia kelezatan soto gebraak

Umumnya soto Lamongan berkuah bening dan  bahan dasarnya terdiri bihun, kol, toge, daging ayam, daging sapi, daun bawang, daun seledri yang di olah menggunakan bumbu-bumbu pilihan, pengalaman dan rasa cinta dari pemiliknya.

Tau dong lezatnya rasa Soto Gebraak??

Ya, soto  gebrak buatan Cak Anton ini sangat istimewa rasanya.  Pastinya rasa lezat itu timbul dari rahasia dapur yang bernama KOYA , inilah yang membedakan rasa soto gebrak dengan soto lainnya. Koya ini terbuat dari bawang putih dan krupuk udang yang telah di goreng  di tumbuk dan di jadikan bumbu tabur pada soto tersebut.

soto gebrak daging

O’ya bagi penikmat soto,  di warung ini ada 2 jenis soto  yaitu soto ayam dan soto daging sapi serta Rawon di lengkapi juga dengan menu tambahan berupa telor asin, perkedel kentang, sate telur muda, sate usus ayam, empal dan paru sapi goreng, kerupuk dan emping.

Eitsss masalah harga!!!   jangan takut, harga 1 porsi soto gebrak ini murah lho……………  mulai harga Rp. 20.000 termasuk soto + nasi, murah bangetkan????

nge-Top di kalangan artis lawas dan sudah banyak pelanggan yang merasakan nikmat dan lezatnya soto Gebraak khas Cak Anton ini lho..

foto cak anton dan kd.jpeg

Cak Anton bersama Krisdayanti (foto koleksi soto Gebraak)

Mau tau si tukang gebraak itu???

Ya…botol kecap yang digunakan untuk menggebrak itu adalah botol bekas minuman beralkohol seperti botol Wh*sk* yang dijadikan tempat kecap. Botol jenis ini di gunakan karena berbahan kaca cukup tebal dan berkwalitas sangat baik, sehingga tahan bantingan dan tentunya bentuk botol ini unik.

Kangen di Gebraak???   Datang aja ke warung soto Gebraak Cak Anton. Jangan lupa ya kalau makan Soto Gebraak ini ajak teman-teman terutama yang latah, biar rasa kagetnya di bagi rame-rame hehehe.

ingat ya:  “senyum boleh marah jangan”.

 

 

Jakarta,040318

 

24 tanggapan untuk “Di Gebraak, Senyum aja

Tinggalkan Balasan