Cuma 1 jam dari Ragunan ke Ciledug naik Busway

Wow fantastis… Cuma 1 jam dari  Ragunan ke Ciledug naik Busway  

Saya berniat ke jl. Inpres Ciledug dan untuk menuju tempat tersebut,  saya naik busway dari halte Ragunan jam 11.45. Adapun jalan yang di lalui oleh bus ini dari arah Ragunan melewati yaitu jl. Warung buncit lanjut ke Jl. Duren Tiga Raya lalu belok kiri di pertigaan jl. Pasar Minggu Raya menuju Pancoran Barat dan berhenti di  halte tersebut. Lanjut ke arah Tendean kemudian bus masuk ke jalan layang Tendean yang tepat berada di depan gedung trans TV.

IMG_20180317_114604
Kosong dan Nyaman Busway rute Ragunan ke Ciledug

Bus yang saya naiki ini tidak terlalu banyak penumpangnya, kira-kira hanya 10 orang dan Ac pun terasa sangat dingin,  bus ini serasa naik bus pribadi sangat nyaman. Sepanjang jalan rute Ciledug-Tendean ini kita di suguhkan pemandangan gedung-gedung tinggi khas  kota Jakarta. Dinding pembatas kanan kiri pun indah bermotif ornamen Betawi “Gigi Balang” yang mempunyai warna khas yaitu kuning dan hijau.

IMG_20180317_121958
Dinding pembatas bermotif “Gigi Balang” khas Betaswi

Koridor 13 trans Jakarta rute Ciledug-Tendean ini jalan layang bus yang  panjangnya  9,3  km dan paling tinggi 23 meter diatas permukaan tanah.  Di perlukan kewaspadaan dan kehati-hatian yang tinggi dari pengemudi bus tersebut untuk mengemudi di jalur tinggi serta berkelok dan bus harus melaju dengan kecepatan sedang  40-50 km/jam.

Bus berhenti di beberapa halte yaitu halte Tirtayasa (dari jalan layang ini  terlihat GOR Bulungan dan RS Pertamina),  halte Mayestik, halte Kebayoran lama, halte Seskoal, halte Cipulir, halte Swadarma, halte JORR, kemudian mobil keluar dari jalan layang di  halte Adam Malik (depan kampus universitas Budi luhur).

Lepas dari halte Adam Malik  bus kembali ke jalan normal dan harus berbagi jalan dengan kendaraan lainnya sehingga pengemudi harus sabar dan kendaraan melaju dengan perlahan,  jarak dari halte Adam Malik  sampai Puri Beta-2 sepanjang 2 km tersebut di padati oleh kendaraan dan banyak pertigaan sehingga menimbulkan kemacetan.

Alhamdulih jam 13.00 saya tiba di halte Puri Beta 2 Ciledug, yang merupakan halte bus terakhir untuk koridor 13 tranJakarta. Saya merasa bersyukur karena benar-benar menghemat waktu dan tenaga, busway ini  hanya memerlukan waktu 1 jam saja dari Ragunan untuk ke Puri Beta 2 Ciledug, sungguh luar biasa…

IMG_20180317_125441
Halte Busway Puri Beta-2 Ciledug

Selama bus melaju di jalan layang, saya merasakan sensasi yang wow….selain berada di atas ketinggian 23 meter juga karena kontur jalan layang tidak lurus tetapi terdapat beberapa belokan dan turun naik seperti bergelombang, terutama saat di atas wilayah tol JORR.  Kita dapat melihat kendaraan yang melinta di tol JORR tersebut. Saya membayangkan bila saat turun hujan serta berada di jalan layang ini pasti lebih seru

IMG_20180317_123156
Jalan Layang  busway dengan tikungan

Bus jurusan Ragunan – Ciledug atau sebaliknya ini hanya beroperasi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Rute ini dipersembahkan untuk penumpang yang ingin berlibur ke kebun binatang Ragunan. Sehingga mempermudah pengunjung terutama untuk keluarga yang membawa anak-anak. Jam operasional bus, pagi mulai jam 5 dan terakhir jam 18. 00 dari Puri Beta-2 ke Ragunan, jadi bila kita dari Ciledug ingin menuju ke Ragunan usahakan jangan lebih dari jam 18.00.

O’ya untuk bus dari Ciledug ke Ragunan, rute yang di lalui sama hanya saat keluar jalan layang di halte Tendean (halte terakhir), bus putar balik ke arah Mampang lalu ke arah Warung Buncit (tidak melalui Pancoran seperti saat ke arah Ciledug), lalu ke arah kebun binatang Ragunan dan tiba di halte terakhir.

Demikian info yang dapat saya sampaikan, silahkan saling melengkapi dan mari berbagi informasi.

Note  :

Koridor 13 transJakarta mulai di operasikan pada bulan Agustus 2017,  dengan rute :

  • Ciledug – blok M
  • Ciledug – UKI & Pancoran Barat
  • Ciledug – Tosari
  • Ciledug – Ragunan (hanya hari Sabtu, Minggu dan libur Nasional)

 

9 tanggapan untuk “Cuma 1 jam dari Ragunan ke Ciledug naik Busway

  1. Nice info, Mba Dewi..
    Belum jajal rute ini saya..
    Jadi inget, dulu waktu kuliah suka jajal rute Transjakarta buat cari celah dari jalur-jalur macet atau ngehindarin shelter yang terkenal kayak lautan manusia..hehe..

  2. mbak mau tanya dong jika turun di pemberhentian terakhir di cileduk lalu jika mau menujuJl. Raya Inpres, Gaga, Larangan, Kota Tangerang, Banten 15154 naik angkot apa ya..maklum belum perna kesana

Tinggalkan Balasan